Makna Logo PosIND
I. PN POSTEL 1956-1965
II. Pada Tahun 1961 status Jawatan berubah menjadi PN POSTEL Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 240 Tahun 1961
Pada tahun 1965 PN POSTEL dipecah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos & Giro) dan Perusahaan Negara Telekomunikasi (PN Telekomunikasi). Pemecahan PN Postel menjadi PN Pos dan Giro dan PN Telekomunikasi ini memiliki legalitas hukum melalui Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1965 dan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1965.
Perum Pos dan Giro, logo lama perusahaan ini terdiri dari unsur padi-kapas yang bersambung dengan banner diatas dengan tulisan R I, banner dibawah dengan tulisan POS & GIRO, mengelilingi unsur segi-lima yang mengurung bola dunia dan burung. Diantara segi-lima dan padi –kapas terdapat arsiran horisontal.
Ide utama pada logo ini adalah burung, sebagai simbol atau tanda yang mewakili merpati pos, konsep pengantaran surat jaman dahulu.
Bola dunia, sebagai simbol dari perputaran dunia dan kekekalan (Cooper J.C. Traditional Symbols, Thames & Hudson, London 1998, hal. 74) merepresentasikan hal hubungan antar negara, internasional, global.
Unsur padi kapas, seperti yang telah diuraikan sebelumnya, adalah mewakili simbol keadilan sosial dari Pancasila, untuk kelompok tertentu padi melambangkan pangan dan kapas melambangkan sandang
Banner yang bertuliskan R I di atas segilima dan merupakan ujung dari unsur padi-kapas yang melingkari segi-lima, merupakan singkatan dari Republik Indonesia.
Makna yang tertangkap secara semantik dari membaca tanda-tanda ini adalah pekerjaan profesionalitas pos yang dilambangkan dengan burung dan bola dunia terkurung oleh segi-lima dan masih dikelilingi oleh padi kapas yang ujung atasnya ada banner bertuliskan R I, yang memberikan kesan bersifat Nasional.
Bisnis Pos adalah bisnis yang berlingkup Internasional, menghubungkan antar negara di dunia, sehingga kesan yang timbul dari logo lama PT. Pos ini adalah profesionalitas Pos yang bersifat internasional dilambangkan dengan burung merpati dan bola dunia, masih terkurung oleh hal-hal yang bersifat Nasional, burung tidak dapat lepas dan bebas.
III. Keputusan Direksi Nomor 166/Dirut/1995 tanggal 13 September 1995 tentang logo PT Pos Indonesia (Persero) dan Keputusan Direksi Nomor 172/Dirut/1997 tanggal 17 Nopember 1997
Pada logo PT. Pos Indonesia (Persero), burung Merpati Pos yang siap terbang mengelilingi dunia telah bebas tak terkurung oleh segi-lima dan padi kapas, berjalan semakin cepat, divisualisasikan dengan sayap yang bergaris – garis horisontal dan proporsi burung yang lebih memanjang dan mengecil di ujung, usaha untuk memvisualisasikan kecepatan. Ukuran burung lebih besar dibandingkan dengan bola dunia, dapat terbaca bahwa burung dapat menguasai dunia. Warna jingga digunakan untuk menandakan, sesuatu yang penting, warna ini juga digunakan untuk tiang-tiang pemisah pada perbaikan di jalan tol, seragam tukang parkir, pakaian penerbang, pakaian pendaki gunung, warna yang kontras dengan warna-warna alam yang kebanyakan berwarna hijau, coklat, biru.
Tulisan dengan tipografi bold : POS INDONESIA, adalah nama perusahaan dengan identitas negara, berada di bawah gambar burung dan bola dunia, disini terbaca bahwa yang utama adalah profesionalitas dibidang usaha, dengan slogan “Untuk anda kami ada”. untuk menambah kesan mengutamakan pelayanan.
IV. Keputusan Direksi Nomor 95/Dirut/1112 tanggal 1 November 2012
1. Arti dan Makna Logo
- Simbol Burung Merpati dalam posisi terbang dengan pandangan lurus ke depan, lima garis sayap yang berbentuk garis-garis kecepatan, memiliki arti/makna bahwa Perusahaan dalam menjalankan usahanya mengutamakan pada kecepatan, ketepatan, dan terpercaya
- Simbol Bola Dunia melambangkan peran Perusahaan sebagai penyelenggara layanan yang mampu menjadi sarana komunikasi dalam lingkup Nasional maupun Internasional.
- Tipe tulisan “ POS INDONESIA” dengan huruf Futura Extra Bold memberikan ciri khas sebagai Perusahaan kelas dunia.
- Warna Logo menggunakan warna korporat yaitu warna Pos Orange dan Abu-abu.
Warna Pos Orange mengandung arti/makna dinamis dan cepat.
Warna Abu-abu yang merupakan warna natural mengandung arti/makna modern dari sisi pendekatan bisnis.
2. Warna
a. Ketentuan warna untuk media cetak yaitu:
- Pantone 165C atau 165U untuk warna khusus pos orange.
- Pantone, 7540 C atau 7540U untuk warna khusus abu-abu.
- C = 0, M= 65, Y = 100, K = 0 untuk warna process pos orange.
- C = 0, M= 0, Y = 0, K = 70 untuk warna process pos orange.
b. Ketentuan warna untuk media elektronik yaitu:
- R = 230, G=112, B = 21 untuk warna pos orange.
- R = 76, G = 76, B = 76 untuk warna abu-abu.
c. Ketentuan warna untuk media lain mengacu pada ketentuan warna untuk aplikasi pada media cetak.
3. Tifografi
Tulisan “POS INDONESIA” terletak di bawah symbol burung merpati dan bola dunia, dengan spesifikasi teknis:
- Panjang tulisan POS INDONESIA sama dengan panjang/jarak horizontal ujung sayap terjauh dan ujung paruh burung merpati.
- Letak huruf “O” pada tulisan INDONESIA tepat di bawah as vertical bola dunia.
- Jarak antara sisi bawah bola dunia dengan sisi atas tulisan POS INDONESIA adalah setengah dari ukuran tinggi huruf POS INDONESIA.
- Letak ujung ekor burung merpati tepat di atas huruf “I pertama” pada tulisan INDONESIA.
V. Keputusan Direksi Nomor 80/Dirut/1123 tanggal 16 November 2023
Pos Indonesia telah mengemban peran krusial selama hampir tiga abad, menghubungkan masyarakat dan dunia bisnis di seluruh negeri. Dalam perjalanan panjangnya, Pos Indonesia telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, menawarkan layanan yang sangat berharga bagi individu dan perusahaan di seluruh tanah air.
Namun, seperti halnya semua aspek kehidupan, zaman terus berubah dan memunculkan tantangan baru dalam sektor logistik. Ketidaksempurnaan sinergi antara logistik dan sektor pos, disertai dengan tantangan integrasi infrastruktur dan perkembangan teknologi yang dinamis, menjadi latar belakang lahirnya PosIND
Lahirnya PosIND merupakan wujud langkah transformatif dan awal babak baru dalam sejarah panjang industri pos di Indonesia. Tak hanya menjadi penyedia layanan, POS IND merupakan mitra berharga dalam pertumbuhan bisnis, dengan semangat untuk mempercepat dan memajukan logistik di Indonesia. PosIND hadir dengan semangat kolaborasi, integrasi, dan visi untuk membangun sinergi logistik sebagai tulang punggung ekonomi negara. Kehadiran PosIND akan mendorong perubahan dan membantu membangun masa depan yang lebih baik bagi logistik Indonesia.
- "POS" Diambil dari “Pos Indonesia”, membawa aspirasi perusahaan untuk menjadi solusi layanan logistik yang terintegrasi dan efisien.
- "IND" Singkatan dari Integrated National Distribution. Kata “Integrated” mencerminkan sinergi dan kerja sama; “National Distribution” sebagai cerminan komitmen dan dedikasi untuk melayani berbagai kebutuhan logistik negara.
- "LOGISTIK INDONESIA" Merupakan penguat identitas dan tujuan perusahaan serta statement bahwa ini adalah Logistik Indonesia.