Logo POSIND

Tentang Kami

Produk Kami

Media & Informasi

Kemitraan Bisnis

PPID

Hubungi Kami

Museum Pos Indonesia

Kebijakan Privasi PosIND

Pos Indonesia Raih Tiga Penghargaan TOP Digital Awards 2022

Thumbnail News Pos Indonesia Raih Tiga Penghargaan TOP Digital Awards 2022

 


Pos Indonesia raih tiga penghargaan dalam ajang TOP Digital Awards 2022 Kamis 15 Desember 2022 di Raffles Hotel Jakarta. Gelaran ini merupakan ajang penghargaan tahunan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  & Solusi Digital terbesar tingkat nasional. Kegiatan yang digagas oleh majalan ItWorks bekerjasama dengan sejumlah Asosiasi TI & TELCO Indonesia mengusung tema “The Strategic Impact of Digital Transformation in Business & Government”.  

 Di ajang bergengsi ini Pos Indonesia berhasil meraih tiga kategori penghargaan sekaligus, yakni TOP DIGITAL Implementation 2022 # Stars 5, TOP Leader on Digital Implementation 2022 untuk Faizal Rochmad Djoemadi selaku Direktur Utama, dan TOP CIO on Digital Implementation 2022 yang ditujukan kepada Hariadi selaku Direktur Operasional & TI. 

Melalui penghargaan ini Pos Indonesia mampu membuktikan  bahwa  inovasi, kreatifitas dan terobosan digital yang dilakukan, baik oleh perusahaan, institusi, Lembaga ataupun organisasi telah berdampak signifikan, baik di internal perusahaan maupun hubungan  eksternal, termasuk dengan mitra bisnis atau pelanggan (masyarakat).

Berkaitan dengan pemanfaatan teknologi digital, Pos Indonesia yang bergerak di bidang jasa kurir, logistik, dan transaksi keuangan, diketahui telah mengembangkan sejumlah layanan berbasis digital. Di mana Pos Indonesia diketahui telah mengembangkan Pos Aja sebagai digital accounting untuk bisnis kurir logistik dan PosPay sebagai digital accounting untuk jasa keuangan.
Seperti dikatakan Hariadi, tahun ini Pos Indonesia tengah dalam proses penyelesaian dari pengembangan PosPay Super App, yang disebut akan menjadi etalase buat Pos Indonesia.


“(Super App) ini nanti tidak hanya bertitik berat terhadap digital accounting untuk jasa keuangan dan kurir logistik , tetapi juga untuk membangun revenue stream-revenue stream yang lain untuk memperkaya revenue stream yang dimiliki oleh Pos Indonesia untuk portfolio manajemen yang baik,” ujar Hariadi.

PosPay SuperApp saat ini disebut tengah dalam tahapan untuk dapat diluncurkan dalam waktu dekat. Pos Pay Super App dideskripsikan sebagai digital berbasis rekening Giro yang mencakup semua layanan PT Pos Indonesia (Jasa Keuangan dan Kurir & logistik) dan saat ini dalam masa trial di internal perusahaan.

Berkaitan dengan realisasi transformasi digital dalam pengembangan aplikasi yang mendukung pencapaian Level Industry 4.0 dan Society 5.0, Pos Indonesia memiliki dua program transformasi, yakni di Product & Channel Transformation dan Process Transformation.


“Di Product & Channel Transformation, kita memperkaya physical to digital yang kita hadirkan untuk pelanggan PT Pos Indonesia. Dari sisi Process Transformation sendiri kita memulai melakukan modernisasi dengan mengimplementasi RFID, kemudian juga dengan proses robotic sorting di berapa SPP sehingga ini akan menjadi solusi kita pada saat tenaga-tenaga blue colors kita yang sifatnya organik semakin lama semakin berkurang dan tidak akan digantikan sesuai dengan porsinya kita. Sehingga kita mengarah ke automasi dari semua proses transformasi kita,” ujarnya.

 

Selain itu, masih dalam rangka pencapaian level Industry 4.0 dan Society 5.0, Pos Indonesia juga sudah menerapkan sistem kerja “Work From Anytime, Anywhere, and Any Device” yang akan mulai diimplementasikan di Super App HCM.


Sementara dari sisi keamanan teknologi informasi, Hariadi mengatakan bahwa pihaknya tengah dalam proses untuk implementasi ISO 27001. “Sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Regulasi Kominfo yang baru, sehingga kita mendorong untuk percepatan ISO 27001 untuk bisa kita implementasikan di PT Pos Indonesia,” katanya.
Lebih dari itu, dari sektor EndPoint Security Management, Pos Indonesia juga disebut tengah mulai menjajaki beberapa kerja sama untuk implementasi SOC dengan beberapa Cloud Provider.


Selain upaya digitalisasi layanan yang terus dilakukan, Hariadi juga mengungkap beberapa keberhasilan yang telah diraih perusahaan dalam kaitannya dengan penerapan transformasi digital. Bahkan, keberhasilan ini layak untuk direkomendasikan ke perusahaan lain. Pertama, Pos Indonesia telah meraih keberhasilkan dalam penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) yang mendapat apresiasi dari pemerintah.


”Ini salah satu solusi yang kita berikan untuk sumbangsih PT Pos Indonesia ke negara, karena kita mengambil alih beberapa bantuan sosial tunai yang selama ini disalurkan melalui Himbara kemudian mulai tahun ini sudah dihandle oleh PT Pos Indonesia,” ujar Hariadi.


Keberhasilan Pos Indonesia yang juga layak untuk direkomendasikan ke perusahaan lain, yakni berupa pengimplementasian OpenAPI guna mempermudah kolaborasi dengan mitra. “Kita juga menggunakan konsep OpenAPI sehingga semua pertukaran data kolaborasi dengan mitra itu lebih dimudahkan, dan beberapa mitra-mitra kita sudah ber-API dengan kita,” pungkas Hariadi.

 

Pos Indonesia Logo

Ikuti PosIND

  • Icon Facebook
  • Icon Instagram
  • Icon Twitter
  • Icon TikTok
  • Icon YouTube
© PT Pos Indonesia (Persero) 2023