Perluas Jaringan dan Layanan, Pos Indonesia Sinergi dengan TFAS
Nomor: 47/PR/1221
Jakarta, 7 Desember 2021 – Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pos Indonesia (Persero) menandatangani nota kesepahaman /Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Telefast Indonesia Tbk (“IDX: TFAS”), anak perusahaan dari PT M Cash Integrasi Tbk (“IDX: MCAS”) mengenai pemanfaatan layanan jasa dan potensi bersama untuk menciptakan sinergi yang saling menguntungkan.
MoU tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Faizal Rochmad Djoemadi dan Founder dan Chief Executive Officer (CEO) Telefast Indonesia Jody Hedrian, di Jakarta pada Selasa, 7 Desember 2021.
Dalam kesempatan tersebut Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Faizal Rochmad Djoemadi mengungkapkan bahwa menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang sangat cepat serta perkembangan teknologi yang demikian pesat, membuat PT Pos Indonesia melakukan berbagai transformasi agar tetap dapat terus survive.
“Kerja sama PT Pos Indonesia dan TFAS ini sejalan dengan transformasi bisnis dan produk yang ada di perusahaan, di mana PT Pos Indonesia terus-menerus melakukan perubahan dan pengembangan teknologi informasi. Kerjasama ini bertujuan untuk turut serta melaksanakan dan menunjang kebijakan dan program pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya, dan di bidang pelayanan jasa pos dan giro bagi masyarakat pada khususnya,” tambah Faizal.
Faizal berharap bahwa dengan sinergi ini maka PT Pos Indonesia bisa memperluas jaringan dalam memberikan layanan terbaiknya kepada para pelanggan setia, dan melayani warga di seluruh kota di Indonesia.
Ada pun ruang lingkup yang disepakati dalam MoU tersebut meliputi kerja sama pengelolaan distribusi kiriman, penyediaan akses informasi tarif layanan pengiriman, pengelolaan warehouse fulfilment, optimalisasi jaringan aset dan penambahan titik point layanan, penyediaan armada motor listrik, endorsement dan branding produk, penyediaan layanan customer experience, penyediaan infrastruktur dan advertising, serta kerja sama lainnya.
Pada kesempatan tersebut Jody Hedrian menyampaikan apresiasi atas Kerjasama dengan Pos Indonesia. Ia mengharapkan bahwa sinergi ini bisa memberikan nilai tambah bagi masing-masing pihak.
“Sebuah kehormatan bagi kami dapat menjalin kerja sama strategis bersama salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kebanggaan negeri yaitu PT POS Indonesia. Sinergi ini tentunya akan memberikan nilai tambah yang positif bagi masing-masing pihak. Selain itu, mempertimbangkan konsensus yang menunjukkan pemulihan moderat pada tahun 2022 mendatang, kami optimistis bahwa bisnis akan semakin maju dan melanjutkan ketahanan yang telah ditunjukkan selama beberapa tahun terakhir,” tambahnya.
Sebagai informasi, PT Telefast Indonesia Tbk (“IDX: TFAS”) adalah perusahaan solusi supply chain management yang memiliki misi untuk membantu bisnis di Indonesia meningkatkan tenaga kerja yang efisien dan proses operasional dengan bantuan inovasi dan teknologi.
Sebelumnya, pada kuartal III 2021 Telefast Indonesia mencatatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 0,9% YoY menjadi Rp489,9 miliar, didukung oleh ketahanan segmen produk dan layanan digital di tengah kelemahan kondisi makro yang berkelanjutan. Selain itu, TFAS mengalami peningkatan dalam pengelolaan modal kerja pada 9 bulan pertama tahun 2021, yang dibuktikan dengan arus kas operasional yang meningkat secara signifikan dari Rp5,6 miliar arus keluar pada September 2020 menjadi Rp20,5 miliar arus masuk September 2021.